BANGGA berKALIWU

Berita Inovasi

(Bangun Keluarga berKualitas, Inspiratif, Wira Usaha)

Keluarga merupakan unit terkecil, utama dan pembentuk sebuah komunitas. Sehingga upaya pembangunan keluarga sesungguhnya merupakan upaya membangun sebuah komunitas (masyarakat).

Kaliwu bagi orang Sumba Khususnya Sumba Tengah telah secara turun temurun dari generasi ke generasi dijadikan sebagai tempat atau lahan yang disiapkan untuk pemenuhan kebutuhan sehari – hari keluarga yang dapat berisi tanaman holtikultura, tanaman obat – obatan tradisional dan jenis tanaman lainnya yang memiliki nilai gizi dan pengobatan. Karena Kaliwu adalah warisan yang dapat memberikan kontribusi pada pembangunan manusia, maka Kaliwu dikategorikan sebagai keunggulan lokal (Local Genius).

Berdasarkan hal tersebut, maka  makna pertama dari Bangga berKaliwu adalah kebanggaan sebagai komunitas yang memiliki keunggulan lokal dan warisan berupa kaliwu. Wujud dari kebanggaan tersebut adalah melestarikan kaliwu sebagai pilar pembangunan keluarga.

Makna berikut dari Bangga berkaliwu adalah singkatan dari Bangun Keluarga berKualitas, Inspirasi dan Wira Usaha.

Bangun Keluarga (Bangga) merupakan proses terintegrasi berbagai sektor untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas menuju sumba tengah sejahtera.

Berkualitas ; memastikan keluarga memahami, mendalami dan menerapkan 8 (delapan) fungsi keluarga yang diawali dengan penguatan ekonomi keluarga.

Inspiratif : keluarga yang berkualitas harus menjadi contoh dan teladan bagi keluarga yang lainnya untuk bias mengikuti menjadi keluarga yang berkualitas.

Wira Usaha : Usaha ekonomi keluarga yang pada tahap pertama diutamakan untuk pemenuhan kebutuhan keluarga, pada tahap berikut akan berkembang pada semangat berwira usaha.

3 (tiga) kegiatan utama dalam Gerakan Bangga berKaliwu : Pertama, Pekarangan ; setiap keluarga memiliki lahan pekarangan 10X10m untuk memenuhi kebutuhan sayur-sayuran dan obat – obatan. Kedua, Kandang ; setiap keluarga memiliki jenis ternak kecil dan atau kolam ikan untuk pemenuhan kebutuhan protein hewani. Ketiga, Taman, keluarga memiliki tempat rekreasi keluarga

Mengapa harus Bangga berKaliwu dengan 3 kegiatan utama tersebut?

  1. Mewujudkan keluarga yang berkulitas dengan mengaselerasi 8 (delapan) fungsi keluarga. Fungsi ekonomi dan fungsi lingkungan diharapkan mampu memberikan effect pada pergerakan pada 6 fungsi keluarga lainnya.
  2. Kaliwu adalah warisan turun temurun yang sejatinya merupakan tempat untuk menjamin ketahanan ekonomi keluarga melalui pemenuhan kebutuhan keluarga. Eksistensi kaliwu mulai tergerus dan dilupakan, untuk itu harus kembali dilestarikan.
  3. Pandemi Covid – 19 mengakibatkan menurunnya daya beli masyarakat, kondisi ini harus segera dipulihkan yang dimulai dengan pemulihan ekonomi keluarga.
  4. Stunting yang terjadi, boleh jadi karena tidak adanya ketersediaan asupan gizi yang diperoleh dengan mudah dan berkelanjutan.
  5. Semangat wira usaha keluarga harus dikembangkan melalui upaya sistematis dan terintegrasi. Pekarangan, kandang dan taman menjadi cikal bakal berkembangnya semangat wira usaha.

INOVASI DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA KABUPATEN SUMBA TENGAH

Drs. Sofrein U. S. Marisi

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk & Keluarga Berencana